Minggu, 09 Desember 2018

Cara Alami Menambah Nafsu Makan Anak dan Orang Dewasa

Bila memang nafsu makan anda sedang turun sebaiknya segera mencari cara menambah nafsu makan karena apabila dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Cara meningkatkan nafsu makan memanglah tidak mudah meskipun terlihat sepele. Hal ini sangat berkaitan dengan berbagai faktor termasuk mood anda sendiri. Pada umumnya seseorang yang mengalami penurunan nafsu makan dapat disebabkan karena berbagai faktor seperti stress, bad mood, jenis makanan yang tersedia, dan masih banyak lagi.

Untuk orang dewasa mungkin hilangnya nafsu makan dapat disebabkan karena bad mood dan lain sebagainya. Namun pada anak-anak kebanyakan hilangnya nafsu makan dikarenakan jenis makanan yang tersedia tidak mereka sukai, oleh karena itu untuk mengatasinya anda perlu menyiapkan makanan yang mereka sukai dan usahakan makanan tersebut mempunyai bentuk yang menarik.

Cara Menambah Nafsu Makan

Sebenarnya cara menambah nafsu makan dapat dilakukan secara alami tanpa mengonsumsi suplemen penambah nafsu makanan yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Cara tersebut tentu dapat anda terapkan sendiri dirumah karena sangatlah mudah. Apabila anda ingin mencoba menerapkan cara meningkatkan nafsu makan tersebut silahkan simak berikut ini caranya.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

1. Berilah cemilan yang sehat
Apabila nafsu makan anak anda turun cobalah memberikannya cemilan yang sehat, kaya nutrisi, dan vitamin. Namun aturlah waktu saat memberikan cemilan tersebut agar anak tidak kekenyangan saat waktu makan tiba. Beberapa pilihan cemilan yang dapat anda berikan yakni seperti potongan buah, sayur kukus, keju, jagung, dan sebagainya.

2. Kurangi pemberian susu setidaknya 2 gelas dalam sehari
Seringkali mengonsumsi susu dianggap dapat menggantikan makanan utama seperti nasi, padahal susu sebenarnya hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut dapat anda temukan pada ikan, sayur, dan juga buah-buahan. Oleh karena itu anda juga dapat menggantikan susu dengan makanan-makanan tersebut.

3. Hindari tindakan pemaksaan untuk makan
Pada umumnya anak dengan usia > 2 tahun cenderung sering membantah dan tidak menurut. Sikap ini merupakan tindakan normal karena berkaitan dengan perkembangan psikologis anak. Oleh karena itu hindari tindakan pemaksaan apabila anak anda tidak mau makan. Solusinya yakni anda harus memutar otak untuk tetap memberikan asupan makanan pada anak, anda dapat memberikannya makanan ringan yang padat kalori seperti pastel, dan sebagainya.

4. Variasikan menu makanan
Cara ini terbukti dapat meningkatkan nafsu makan anak yang berkurang. Anda dapat mempelajari teknik penyajian makanan yang menarik sehingga membuat anda merasa ingin mengonsumsinya. Saat ini sudah banyak tersebar cara tersebut diinternet, silahkan cari dan pelajari.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Orang Dewasa

1. Olahraga secara rutin
Olahraga merupakan salah satu cara membakar kalori dalam tubuh dan berkurangnya kalori dapat merangsang nafsu makan anda. Oleh karena itu cobalah berolahraga secara rutin. Anda dapat jogging, bersepeda, maupun olahraga lainnya yang dapat membakar kalori.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Kandungan serat dalam buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan karena dapat melancarkan pencernaan sehingga perut anda tidak begah dan nafsu makan selalu ada.

3. Datangkan mood happy pada diri anda
Jika bad mood merupakan salah satu penyebab nafsu makan anda berkurang maka sebaiknya segera cari solusinya. Bad mood pada diri sendiri dapat diatasi dengan berbagai aktifitas yang anda sukai, entah itu nonton film ataupun berpergian keluar rumah agar pikiran tidak penat dan nafsu makan kembali lagi.

4. Makan dengan jumlah sedikit namun sering
Nafsu makan yang berkurang apabila dibiarkan dapat berdampak buruk pada kesehatan anda. Oleh karena itu paksa diri anda untuk selalu mengonsumsi makanan walaupun hanya dengan jumlah sedikit. Namun agar asupan makanan tetap terjaga anda dapat mengonsumsi makanan tersebut dengan frekuensi sering.

5. Hindari minum air sebelum makan
Mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membuat perut anda merasa kenyang sebelum porsi makanan habis. Oleh karena itu hindari minum air sebelum makan.

6. Konsumsi makanan dengan kandungan zinc
Seseorang yang kekurangan zinc ternyata juga dapat kehilangan nafsu makan. Hal tersebut dikarenakan apabila anda kekurangan zinc, makanan yang anda konsumsi akan terasa kurang enak dan berbeda seperti biasanya.

Apabila beberapa cara menambah nafsu makan anak dan orang dewasa diatas tidak juga memberikan hasil sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter karena apabila dibiarkan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Demikian tips yang dapat Admin berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.